Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Puter Kayun salah satu keragaman budaya banyuwangi


puterkayun%201.jpgalhamdullilah, hari jumat tepatnya tanggal 9 september kemarin salah satu Kelurahan Banyuwangi, menggelar tradisi Puter Kayun. tradisi puter kayun yang secara rutin digelar oleh kelurahan Boyolangu merupakan kekayaan budaya banyuwangi, 
beberapa kegiatan dalam tradisi puter kayun ini adalah  puter%20kayun.jpgwarga secara bersama-sama menuju Pantai Wisata Watu Dodol. Untuk menuju pantai yang berjarak sekitar 15 kilometer, warga memakai delman atau dokar. Karena jumlah dokar semakin berkurang, sebagian besar warga akhirnya menggunakan sepeda motor dan kendaraan roda empat. Sebelum ada kendaraan, cerita Rugito, Ketua Paguyuban Dokar Boyolangu, perjalanan menuju pantai menggunakan dokar, karena dulunya sebagian warga bekerja sebagai penarik dokar. 
meskipun tak seramai 3-4 tahun yang lalu, karna semakin sedikitnya warga yang masih memilik dokar (delman) tapi acara ini berlangsung meriah, dengan kekompakan warga banyuwangi terutama masyarakat kelurahan boyolangu. tercatat acara yang hanya  diikuti 13 dokar saja ini tetap menuai antusia dari pemerintah banyuwangi, terbukti bahwa Iring-iringan tradisi Puter Kayun diberangkatkan oleh Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko sekitar pukul 14.00 WIB.Ketika sampai di pantai, acara dilanjutkan dengan memotong tumpeng. Sebagian tokoh adat kemudian menaburkan bunga berbagai rupa ke laut untuk menghormati para pendahulu mereka yang meninggal saat pembuatan jalan. Tradisi tersebut ternyata juga menjadi ajang berlibur dan bersilaturahmi bagi mereka yang tak sempat bertemu selama Lebaran.
Dalam sambutannya Wabup mengharapkan tradisi puter kayun dapat dilestarikan. Karena puter kayun ini dapat dijadikan pelajaran bagi masyarakat untuk terus berjuang mempertahankan Banyuwangi dan melestarikan budaya. "Banyuwangi yang kita tempati saat ini bukan hadiah dari penjajah, namun hasil perjuangan para pendahulu kita, untuk itu kita harus menjaganya, " tegasnya. 
catatan :
beberapa photo kami ambil dari www.banyuwangikab.go.id

Anda sedang membaca artikel tentang Puter Kayun salah satu keragaman budaya banyuwangi dan anda bisa menemukan artikel Puter Kayun salah satu keragaman budaya banyuwangi ini dengan url http://banyuwangi-news.blogspot.com/2011/09/puter-kayun-salah-satu-keragaman-budaya.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Puter Kayun salah satu keragaman budaya banyuwangi ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Puter Kayun salah satu keragaman budaya banyuwangi sebagai sumbernya.

Artikel lainnya selain "Puter Kayun salah satu keragaman budaya banyuwangi"

:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar